Tuesday 22 November 2016

PANTAI JODO - KABUPATEN BATANG - JAWA TENGAH

Nama Proyek    : Pantai Jodo
Lokasi               : Kabupaten Batang - Jawa Tengah

Sebuah Proposal Konsep ibu Tri Widyawati (Doktor Ekonomi UNDIP) pada proyek yang beliau kerjakan.

Pantai Jodo??? Why?? mengapa namanya pantai jodo? saya tidak tahu mengapa namanya koq berbau jodo-jodoan gitu... kalau boleh saya nebak mungkin dahulu kala sebelum kerajaan majapahit berdiri (mengarang) hehehe... ada dua pendekar cewek dan cowok tidak sengaja ketemu di pantai tersebut, kemudian ada penduduk sekitar yang melihat mereka berdua beradu kekuatan silatnya, tetapi  mereka tidak ada yang menang dan karena mereka sama-sama jomblo akhirnya mereka disarankan penduduk sekitar untuk berdamai dan menikah saja...cerita demi cerita dan turun temurun banyak yang berwisata di pantai ini sering mendapatkan jodo apalagi yang jomblo bertahun tahun :) oleh karena itulah pantai ini dinamakan pantai jodo.

(diatas hanya cerita bohongan saja, mohon maaf apabila ada terjadi kekeliruan) hehehe

FOKUS PADA KONSEP ARSITEKTUR KAWASAN PANTAI

Pendahuluan
indonesia mempunyai garis pantai yang sangat panjang, banyak lokasi-lokasi di daerah yang perlu digali potensinya, salah satunya adalah pantai jodo yang terletak di kabupaten Batang Jawa Tengah ini, pantai tersebut masih banyak yang tidak tahu terutama saya yang juga baru mendengar.
untuk mendongkrak pariwisata dan pendapatan daerah, maka sekarang ini daerah berlomba-lomba untuk menarik wisatawan baik lokal maupun internasional.
(untuk target wisatwan internasional sebenarnya agak ekstrim juga sih tetapi bisa saja itu tercapai apabila ada budaya yang unik didaerah tersebut) karena orang luar negeri rasa ingin tahu tentang budaya lokal dan unik itu sangatlah tinggi, contohnya : wisata di bali mengapa ramai wisatawan mancanegara? hal ini karena bali mempunyai budaya yang sangat unik sehingga wisatawan banyak berdatangan ke pulau yang disebut pulau dewata itu (dari namanya saja sudah sangat mendukung) pulau dewata.

Lokasi
kembali ke pantai jodo, pantai ini apabila ditilik dari lokasinya lumayan cukup jauh dari jalur pantura, kira-kira 12 s/d 14 Km, itupun belum didukung oleh akses jalan yang baik. sehingga untuk mengembangkannya memang butuh ekstra yang lebih. dan membutuhkan dana yang lebih pula (untuk hitung-hitungan nilai investasi nya ibu Tri Widyawati yang lebih tahu, karena telah melakukan kajian bisnisnya.

Konsep Arsitektur
saya mendapatkan sebuah job tantangan yang menurut saya unik, (pantai jodo). saat saya di kasih tahu, imajinasi saya langsung oh ini bisa di buat desain dengan konsep yang hubungannya dengan simbol-simbol cinta. contohnya : simbol godong waru (istilah jawanya) simbol HATI atau LOVE (istilah kerenya)
yang desain disini adalah sebatas kawasan sekitar pantai (radius 200m) diantaranya yang utama adalah main entrance kawasan tersebut.
seperti yang saya sebutkan diatas konsep desain saya adalah memakai simbol cinta sehingga terciptalah desain seperti dibawah ini.















No comments:

Post a Comment

SHARE THIS